Algoritma Pemrograman Lab Work 10

Search, List & Sorting

Linear Search adalah sebuah algoritma pencarian, juga dikenal sebagai pencarian sekuensial, yang cocok untuk mencari sebuah nilai tertentu pada sebuah himpunan data. Algoritma ini beroperasi dengan memeriksa setiap elemen dari sebuah list sampai sebuah kecocokan ditemukan.

Binary Search atau sering disebut algoritma pencarian biner adalah sebuah teknik untuk menemukan nilai tertentu dalam sebuah larik linear, dengan menghilangkan setengah data pada setiap langkah, dipakai secara luas tetapi tidak secara ekslusif dalam ilmu komputer. Pada saat menggunakan binary search, data yang berada di dalam array harus diurutkan terlebih dahulu.

List

List adalah tipe data yang paling serbaguna yang tersedia dalam bahasa Python, yang dapat ditulis sebagai daftar nilai yang dipisahkan koma (item) antara tanda kurung siku. Hal penting tentang daftar adalah item dalam list tidak boleh sama jenisnya.

Sorting

Sorting merupakan suatu proses untuk menyusun kembali humpunan obyek menggunakan aturan tertentu. Sorting disebut juga sebagai suatu algoritma untuk meletakkan kumpulan elemen data kedalam urutan tertentu berdasarkan satu atau beberapa kunci dalam tiap-tiap elemen. Metode-metode sorting meliputi:

  1. Insertion Sort (Metode Penyisipan)
  2. Selection Sort (Metode Seleksi)
  3. Bubble sort(Metode Gelembung)
  4. Shell Sort (Metode Shell)
  5. Quick Sort (Metode Quick)
  6. Merge Sort (Metode Penggabungan)

Modul

Download Modul 10

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.