Algoritma Pemrograman Lab Work 11

Object Oriented Programming pada Python

Object Oriented Programming atau Pemrograman Berorientasi Objek merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep “objek”, yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Python telah menjadi bahasa berorientasi objek sejak bahasa Python sendiri dibuat.

Class

Class adalah prototype, atau blueprint, atau rancangan yang mendefinisikan variable dan method-method pada seluruh objek tertentu. Class berfungsi untuk menampung isi dari program yang akan di jalankan, di dalamnya berisi atribut / type data dan method untuk menjalankan suatu program. Dalam Python sendiri class didefinisikan dengan keyword class dan diikuti oleh penamaan kelas tersebut “class nama_kelas”. Pemanggila kelas sendiri sama seperti pemanggilan sebuah fungsi/method dalam sebuah program yaitu memanggil nama class tersebut beserta parameter classnya. Biasanya class berisi banyak method/fungsi yang merupakan turunan sifat dari kelas tersebut.

Class sendiri memiliki banyak bentuk dalam setiap Bahasa pemrograman yang berbeda, seperti abstrak class, data class dan lain sebagainya. Class juga dapat memiliki keterkaitan dengan class lainnya yang dapat disebut sebagai class turunan atau inheritance, Inheritance merupakan sebuah hubungan Parent Class (Kelas Induk) dengan Child Class (Kelas Anak) yang dimana memiliki pewarisan sifat dan pewarisan variabel turunan yang sama.

Modul

Download Modul 11

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.