Algoritma Pemrograman Lab Work 3

Struktur Kendali (Control Structure)

Ekspresi Boolean

Eskpresi Boolean merupakan ekspresi yang mengembalikan nilai True atau False, menggunakan operator relasional/operator perbandingan, dan juga operator logika. Selain itu Ekspresi Boolean juga dapat menggunakan operator keanggotaan (membership operator) dan juga operator identitas dalam beberapa kasus.

Operator Perbandingan

Operator Perbandingan adalah operator yang melakukan perbandingan antara dua buah nilai. Operator ini juga dikenal dengan operator relasional dan sering digunakan untuk membuat sebuah logika atau kondisi. Berikut ini adalah daftar Operator Aritmatika dalam Python:

Operator Symbol
Lebih Besar >
Lebih Kecil <
Sama Dengan ==
Tidak Sama Dengan !=
Lebih Besar Sama Dengan >=
Lebih Kecil Sama Dengan <=

Operator Logika

Operator Logika merupakan sebuah operator yang digunakan untuk membuat logika dalam program yang kita buat. Operator logika juga sering disebut juga sebagai Operator Aljabar Boolean, biasanya operator logika ini digunakan untuk membuat operasi percabangan pada program. Operator Logika diantaranya seperti logika AND, OR, dan NOT.

Operator logika terdiri dari:

Operator Symbol
Logika AND and
Logika OR or
Logika Negasi/Kebalikan not

Konstruksi Percabangan & Blok Program

Konstruksi Percabangan adalah sebuah program yang ketika dijalankan akan menimbulkan percabangan kedalam sub cabangnya yang berisi sebuah blok program sesuai dengan kondisi dan logika yang diminta. Umumnya kostruksi percabangan dalam Bahasa pemrograman Python sendiri dapat dibuat dengan memanggil keyword if/elif/else. Berikut tabelnya

Keterangan Keyword
Terdapat 1 pilihan keputusan if
Terdapat 2 pilihan keputusan if/else
Terdapat lebih dari 2 pilihan keputusan if/elif/else

Blok program berisi sekumpulan ekpresi dan statement untuk dikerjakan oleh komputer. Dalam Bahasa pemrograman Python blok program sendiri dapat diidentifikasikan dengan tanda colon (“:”) setelah pendeklarasian konstruksi if/elif/else, for, while ataupun ketika melakukan definisi fungsi. Blok program yang terdapat pada kondisi if sendiri akan dijalankan jika kondisi yang diminta bernilai true.

Blok program yang terdapat pada kondisi kondisi elif sendiri yang merupakan kepanjangan dari else if yang berarti jika tidak sesuai dengan kondisi sebelumnya maka akan disesuaikan dengan kondisi lainnya yang dapat bernilai true.

Blok program yang terdapat pada kondisi else akan dijalankan ketika nilai dari kondisi sebelumnya yaitu if/elif bernilai false.

Berikut ini adalah contoh sederhana program konstruksi percabangan yang menggunakan operator perbandingan:

Code Editor:

credits = 45
if (credits >= 120):
    print("Senior")
elif (credits >= 90):
    print("Junior")
else:
    print("New College Student")

Output:
New Collage Student

Modul

Download Modul 3

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.