Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Berita dari Lembaga Pengabdian Kepada Mastarakat Usakti:

Bantuan pendanaan program penelitian kebijakan MBKM dan pengabdian kepada masyarakat

Universitas Trisakti mendapatkan bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2021. Total bantuan pendanaan sebesar Rp1.600.000.000 dari Kemendikbud Ristek untuk 4 Program Penelitian dan 8 PKM. Salah satu dari Program PKM Berbasis Penelitian adalah Pengembangan Aplikasi Triskati Online Wirausaha kampus Merdeka untuk Mitra yaitu Kelompok Wirausaha dan Calon Wirausaha Bina Amanah Cordova di Tangerang Selatan yang dilaksanakan oleh Tim Dosen dan Mahasiswa Lintas Prodi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian ini dilaksanakan oleh:

  • Dra. Hartini M.M. (Ketua/Manajemen, FEB)
  • Dr. Husna Leila Yusran M.M., (Anggota/Manajemen, FEB)
  • Richy Wijaya W., S.E., M.M., C.R.A., (Anggota/Manajemen, FEB)
  • Dr. Wegig M., S.sn, M.Hum, (Anggota/Desain Komunikasi Visual, FSRD)
  • Ir. Teddy Siswanto M.Si. (Anggota/Sistem Informasi. FTI)

Pelaksanaan program ini melibatkan mahasiswa aktif yaitu:

  • Ahmad Buchori (Ekonomi Pembangunan, FEB)
  • Supandi (Manajemen, FEB)
  • Abbraham Sahertian (Akuntansi, FEB)
  • Azhar Rizki Zulma (Sistem Informasi, FTI)

PKM Photo by Trisakti University on Instagram

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Hartini, Wijaya dan Margaretha (2021) menyatakan bahwa inklusi keuangan memainkan peranan penting dalam menjalankan sebuah usaha dan penjualan produk menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian. Pengenalan tentang digitalisasi marketing juga sudah dilakukan untuk beberapa kelompok wirausaha seperti yang dilakukan Wijaya, Rahayu dan Hafiz (2020), sementara untuk memudahkan transaksi secara online Siswanto, Maripurwanto dan Syafudin (2021) melakukan pengenalan dan pelatihan penggunaan software Odoo yang dapat membantu wirausaha dalam melakukan transaksi.

Pada pelaksanaan program PKM ini tim juga bekerjasama dengan Vastu Prajna Vatayana sebagai industri kreatif yang memiliki pengalaman dalam pekerjaan animasi, virtual reality, motion grafik, brand aktivitas dan i sebagai penyedia aplikasi untuk Trisakti Online Shop.

PKM dilaksanakan selama bulan Desember 2021 dengan melaksanakan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara luring di Cordova, Jl. Japos Raya Nomor 9 Pondok Jati Jurang Mangu Barat Pondok Aren Tangerang Selatan, dan secara daring dengan menggunakan Platform Zoom Meeting maupun WhatsApp Group.

PKM Photo by Trisakti University on Instagram

Beberapa pelatihan dan pendampingan yang disampaikan pada program ini meliputi :

Penerapan Business Model Canvas yang disampaikan oleh Dra.Hartini, M.M., Dr. Husna Leila Yusran, M.M., Richy Wijaya, S.E., M.M. dan mahasiswa yang terdiri dari Supandi, Ahmad Bukhori dan Abbraham Sahertian Pemotretan Produk menggunakan telepon selular guna peningkatan citra produk yang akan dibawakan oleh Dr. Wegik M., S.sn, M.Hum Pengenalan Sistem Informasi dan Aplikasi Trisakti Online yang dibawakan oleh Ir. Teddy Siswanto, M.Si dan Azhar Rizki Zulma. Keluaran (outcome) yang diharapkan adalah adanya peningkatan pemahaman mitra pelaku usaha dalam pengelolaan bisnis yang diikuti dengan peningkatan pangsa pasar dan penjualan. Kegiatan ini diikuti lebih dari 50 peserta yang sangat antusias untuk menambah pemahaman dan keterampilan untuk menjadi wirausaha yang unggul. Ketua Kelompok Wirausaha Cordova H.Bowo Priyatno, CA, CPA mengharapkan program ini dilaksanakan secara berkesinambungan agar tercipta kemandirian dan keberlanjutan setelah program ini selesai.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah membiayai seluruh kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berdasarkan Kontrak Pelaksanaan Kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta dengan Nomor Kontrak Nomor: 426/PPK/Kerma/PKS/2021.

Source

Trisakti News

Also Posted On

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.