Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Trisakti mengadakan acara USAKTIF FOR SOCIETY di Kabupaten Bogor pada tanggal 11-13 Maret 2023. Acara ini dihadiri oleh peserta yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika angkatan 2022 beserta Badan Pengurus Himpunan Jurusan Teknik Informatika beserta dosen Universitas Trisakti sebagai pengawas kegiatan dengan total kurang lebih sebanyak 250 orang.

Acara ini berlangsung selama 3 hari 2 malam dengan berbagai macam kegiatan yang menarik. Pada hari pertama, peserta berkumpul di kampus untuk melakukan persiapan sebelum berangkat ke Villa Batu Kembar Pancawati dengan menggunakan 3 unit truk tronton. Setelah tiba di tempat tujuan, dilakukan pembagian kamar untuk peserta dan kemudian acara dibuka oleh MC, Sukma Julia Nada dan Abdullah Hudzafah.

Sambutan juga diberikan oleh Ketua Pelaksana Acara, Michael David Jackson, Wakil Ketua Himpunan Teknik Informatika, Azhar Rizki Zulma, S.Kom, Wakil Dekan 3 Fakultas Teknologi Industri Bidang Kemahasiswaan, Ir. Amal Witonohadi, M.T, dan Ketua Jurusan Teknik Informatika, Syandra Sari, M.Kom.

Me Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Acara hari pertama berlanjut dengan kegiatan outbond dan dilanjutkan dengan istirahat untuk shalat dan makan malam. Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan menyalakan api unggun dan menampilkan pentas seni yang dipersembahkan oleh peserta sebelum akhirnya beristirahat dan tidur.

Hari kedua dimulai dengan bangun dan shalat shubuh, kemudian dilakukan persiapan kegiatan pagi dan sarapan. Setelah sarapan, peserta melakukan gotong royong bersih-bersih lingkungan desa dan pembagian sembako ke penduduk desa sekitar. Kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menuju desa. Di desa, peserta diberikan sambutan oleh Kepala Desa sebelum melakukan gotong royong dan pembagian sembako. Setelah selesai, peserta kembali ke Villa untuk istirahat, shalat, makan, dan melakukan brainstorming oleh panitia untuk persiapan materi Pengabdian Kepada Masyarakat di Sekolah Dasar pada hari ketiga. Pada sore hari, peserta bermain game panitia vs peserta dan malam harinya diakhiri dengan kegiatan barbeque.

Hari ketiga dimulai dengan beribadah dan senam pagi sebelum mandi dan sarapan. Peserta kemudian melakukan perjalanan dan mobilisasi ke sekolah dengan berjalan kaki untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MI TARBIYATUL ATHFAL. Peserta mengajarkan dasar-dasar pengoperasian komputer ke murid SD Kelas 4, 5 dan 6. Setelah selesai, peserta kembali ke Villa untuk persiapan pulang. Perjalanan pulang dilakukan dengan menggunakan 3 unit tronton menuju kampus dan peserta dibubarkan untuk kembali ke rumah masing-masing.

Acara USAKTIF FOR SOCIETY ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi peserta. Selain mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa, acara ini juga membantu mengembangkan keterampilan dan sikap sosial serta memperluas wawasan terkait pengabdian kepada masyarakat. Acara ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Trisakti terhadap masyarakat sekitar.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.