Data Warehouse Lab Work 1

Message Box & Tranformasi Data pada Spoon

Data warehouse adalah jenis sistem manajemen data yang dirancang untuk memungkinkan dan mendukung kegiatan business intelligence (BI), terutama analitik. Gudang data semata-mata dimaksudkan untuk melakukan kueri dan analisis dan sering berisi sejumlah besar data historis. Data dalam gudang data biasanya berasal dari berbagai sumber seperti file log aplikasi dan aplikasi transaksi. Gudang data memusatkan dan mengkonsolidasikan sejumlah besar data dari berbagai sumber. Kemampuan analitisnya memungkinkan organisasi untuk memperoleh wawasan bisnis yang berharga dari data mereka untuk meningkatkan pengambilan keputusan. Seiring waktu, ia membangun catatan sejarah yang dapat sangat berharga bagi para ilmuwan data dan analis bisnis. Karena kemampuan ini, gudang data dapat dianggap sebagai “sumber kebenaran tunggal” organisasi.

Message Box

Message Box adalah sebuah pesan pada kotak yang biasanya dibuat menggunakan bahasa pemrograman. meskipun begitu kita dapat membuat Custom Message Box dengan memanfaatkan aplikasi Spoon Pentaho untuk membuat Message Box. Spoon dan Pentaho sendiri berjalan diatas bahasa pemrograman Java dimana Message Box tersebut dicompile menggunakan bahasa Java.

Tranformasi Data

Tranformasi data adalah upaya yang dilakukan dengan tujuan utama untuk mengubah skala pengukuran data asli menjadi bentuk lain sehingga data dapat memenuhi asumsi-asumsi yang mendasari analisis ragam. Dalam praktikum ini kita akan melakukan transformasi data sederhana dari CSV menjadi data TXT dengan menggunakan Spoon Pentaho. Modul beserta datasetnya dapat anda download dibawah ini.

Modul

Download Modul 1

Dataset

Download Dataset

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.