Keindahan Lautan Pasir Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung aktif di Indonesia yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pendaki, masyarakat umum ataupun keluarga sekalipun untuk menghabiskan waktu ketika liburan dan juga ingin menyejukkan mata dengan pemandangan alam nan indah. Bromo merupakan salah satu gunung suci menurut warga yang tinggal di kaki gunung bromo itu sendiri (umumnya disebut sebagai suku Tengger), dikaldera bromo pun terdapat kuil pemujaan bagi masyarakat sekitar yang masih menganut paham Hindu Jawa atau Buddha Tengger, bromo dijadikan sebagai tempat ritual suci untuk pemujaan oleh warga sekitar.

Kaldera dari Bromo sendiri sangatlah luas yang meliputi lautan pasir didalamnya, menurut sejarah kaldera itu terbentuk ketika terjadi letusan dahsyat yang menyebabkan kaldera yang amat besar dan sekarang telah menjadi lautan pasir yang menyelimuti dan mengelilingi gunung bromo itu sendiri. Pasir di kaldera tersebut juga dikategorikan sebagai pasir vulkanis. Efek yang ditimbulkan pada kesehatan jika terlalu lama menghirup debu dan pasir vulkanis tersebut ialah akan berakibat kepada saluran pernapasan. Pihak pengelola wisata kawasan bromo pun menyarankan agar pengunjung mengenakan masker saat mengunjungi daerah kaldera bromo ataupun ketika ingin mendaki ke kawah bromo.

Bromo Caldera Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Penulis sendiri melakukan tour ke kaldera bromo untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan menyenangkan bersama keluarga penulis. Untuk naik ke kaldera bromo terdapat jeep yang disewakan seharga Rp. 1.000.000,00. untuk sekali naik dan diantar ke empat titik berbeda.

Bromo Summit Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Titik yang pertama ialah Seruni Poin dimana pada titik ini sangat baik untuk menikmati pemandangan atau view serta mengambil foto dengan latar belakang keseluruhan kaldera bromo dan gunung batok.

We come from nature, our lives depend on nature, and we will return to nature. Save nature, save life, save the future.

Titik kedua ialah Lautan Pasir bromo dimana pada titik ini kita dapat menikmati pemandangan gurun pasir vulkanis pada kaldera bromo.

Titik ketiga ialah titik pendakian ke puncak kawah bromo dimana pada titik ini kita diharuskan berjalan melewati lautan pasir untuk mencapai puncak kawah bromo. Terdapat kuil pada kaki gunung bromo yang digunakan sebagai tempat ibadah oleh warga sekitar dan tempat menampung sesajen sebelum dibawa ke puncak kawah bromo. Disebelah gunung bromo terdapat Gunung Batok yang merupakan salah satu gunung yang terletak di kaldera bromo.

Family Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Titik keempat ialah bukit Teletubbies dimana bukit tersebut dipenuhi rumput ilalang menyerupai film anak-anak yang berjudul Teletubbies.

Setelah melakukan perjalanan ke empat titik tersebut jeep akan membawa kita kembali turun ke tempat parkir kendaraan dikaki gunung bromo.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.