Kota Bersejarah Batavia

Batavia merupakan sebuah kota pusat pemerintahan di era penjajahan Hindia Belanda. Batavia di era sekarang lebih dikenal sebagai kota tua Jakarta. Batavia adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta yang terletak diperbatasan kota Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Letaknya tidak jauh dari pelabuhan sunda kelapa karena dahulu Batavia merupakan pusat perdagangan di pulau Jawa sekaligus ibukota dari Hindia Belanda saat itu.

Penuh Sejarah

Dahulu terdapat Trem yang melintasi kota Batavia dan ini yang awalnya menggunakan tenaga kuda lalu tenaga uap hingga trem pertama didunia yang menggunakan tenaga listrik (April 1899). Di kota batavia lama sendiri terdapat gedung pemerintahan gubernur jenderal Hindia Belanda yang sekarang lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah. Terdapat pula Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri yang wajib anda kunjungi di kota Batavia lama.

Me Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Jajanan Khas Jakarta

Selain banyaknya museum, terdapat pula jajanan khas Jakarta yang terdapat di sekitar area Batavia lama, seperti Kerak Telur, Es Selendang Mayang dan lain sebagainya. Bangunan di kota Batavia lama umumnya memiliki nilai arsitektur bersejarah yang tinggi karena semua desain arsitekturnya bergaya arsitektur Eropa. Terdapat meriam si jagur yang terletak didepan Museum Fatahillah atau di taman Fatahillah. Jika anda berada di Jakarta jangan lupa untuk berkunjung dan berwisata kesini agar anda dapat lebih mengenal Jakarta atau era Batavia sebelum era kemerdekaan Indonesia.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.