Manajemen Proyek Teknologi Informasi Lab Work 14

Scrum on Trello

Scrum adalah teknik bagian dari agile framework dalam perusahaan yang membantu tim untuk memecahkan masalah, dengan memiliki komunikasi yang kuat antar anggota tim tersebut. Saat ini, scrum banyak digunakan dalam pengembangan software. Tapi pada dasarnya metode tersebut bisa diterapkan ke dalam segala upaya product atau project development. Scrum dikembangkan oleh Jeff Sutherland dan tim pengembangannya di awal 1990-an. Selanjutnya, pengembangan lebih lanjut tentang metode Scrum telah dilakukan oleh Schwaber dan Beedle.

Tahapan Metode Scrum

Metode scrum adalah teknik yang dibentuk dari beberapa tahapan proses mulai dari product backlog hingga sprint retrospective. Berikut ini penjelasan lengkap tentang tahapan metode scrum.

  1. Product backlog
    Tahapan yang pertama ini menjadi tanggung jawab product owner atau manajer. Secara sederhana, tahapan ini berisi daftar apa saja yang harus tim lakukan sesuai dengan skala prioritas perusahaan. Perwakilan perusahaan bersama representasi stakeholder bertugas untuk terus menata ulang product backlog. Hal ini karena kondisi pasar akan selalu berubah, sehingga apa yang tidak esensial dalam backlog juga harus dihilangkan.

  2. Sprint planning
    Dalam tahapan sprint planning, produk atau proyek teratas dalam product backlog kemudian disusun kembali menjadi sprint backlog. Tugas lain yang dilakukan tim scrum adalah menentukan bagaimana mereka akan menyelesaikan apa yang ada dalam sprint backlog.

  3. Sprint
    Setelah cara dan batas waktu pengerjaan ditentukan dalam sprint planning, tahapan metode scrum selanjutnya adalah melakukan sprint. Proses ini dilakukan melalui kegiatan daily scrum. Daily scrum adalah saat dimana tim berkumpul dan bekerja untuk memastikan perkembangan produk terus berjalan. Dalam proses ini juga dikenal adanya peran scrum master. Umumnya, tim yang terlibat dalam proses scrum adalah sekelompok orang. Di antara orang-orang tersebut, ada perwakilan yang berperan sebagai scrum master. Tugas scrum master adalah untuk membantu tim agar tetap fokus.

  4. Sprint Review
    Sprint review adalah tahapan sprint yang terakhir. Dalam proses ini, produk atau projek yang dikerjakan harus sudah selesai dan siap digunakan. Kemudian produk tersebut akan direview kembali.

  5. Retrospective Process
    Scrum adalah metode yang sifatnya berulang. Proses yang dilakukan perusahaan mulai dari pembuatan backlog hingga review diingat dan dilakukan kembali dalam proses scrum project selanjutnya.

Modul

Download Modul 14

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.