Senja Di Waduk Saradan

Waduk saradan merupakan danau buatan yang terletak di kecamatan Saradan, kabupaten Madiun. Letaknya tidak begitu jauh dari Pasar Saradan dan bersebalahan dengan Hutan Jati dan Desa Mangirejo. Waduk ini diapit oleh Jalan Tol Solo-Kertosono dan Rel Kereta Api Lintas Selatan (Yogyakarta-Surabaya). Waduk ini berfungsi untuk menampung air dan memberikan air melalui saluran irigasi pada lahan pertanian warga sekitar.

Waduk Saradan Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Terkadang waduk ini selalu salah diartikan dengan waduk Widas Saradan. Padahal nyatanya waduk ini berbeda dari waduk Widas Saradan. Waduk Widas Saradan letaknya masih lebih ke timur dari waduk Saradan. luas dan kedalamannya pun sangat berbeda dengan waduk Widas Saradan. Waduk Widas Saradan lebih luas dan lebih dalam dari waduk Saradan. Meskipun suka disalah artikan sama tetapi keindahan waduk Saradan tidak kalah dengan keindahan waduk Widas Saradan.

Karena kalah populer dengan waduk Widas Saradan, waduk ini tidak terlalu ramai pengunjung dan hanya dipergunakan oleh masyarakat sekitar untuk mendapatkan air untuk lahan pertanian mereka. Selain itu letaknya yang cukup tersembunyi juga menyebabkan waduk ini hanya dikunjungi oleh penduduk sekitar untuk memancing ikan dan melakukan refreshing sejenak dari pekerjaan dan kesibukan penduduk sekitar.

Waduk Saradan Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Ini merupakan destinasi wisata lokal dan menjadi tempat spot foto yang menarik bagi para wisatawan lokal. Waduk ini sangat cocok untuk dijadikan tempat penghilang penat dari kesibukan kota yang selalu kita alami sehari-hari. Sangat cocok bagi yang tidak suka keramaian dan ingin terlihat instagramable karena banyak spot foto menarik yang dapat diambil di waduk Saradan ini.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.