Statistika Lab Work 2

Tipe Data

Tipe Data dalam bahasa pemrograman merupakan jenis data yang dikategorikan berdasarkan operasi logika yang dijalankan. Tipe data dalam bahasa pemrograman terbagi menjadi banyak jenis, diantaranya adalah tipe data Character, Numerik dan List. Terdapat pula tipe data yang kompleks yaitu Data Frame.

Dalam bahasa pemrograman R terdapat berbagai macam tipe data yang dapat digunakan dalam proses melakukan analisis. Selain itu tipe data dalam Bahasa Pemrograman R merupakan tipe data yang memiliki kesamaan dengan tipe data dalam Bahasa Pemrograman kuno seperti Char dan lain sebagainya.

Filter Data

Filter Data merupakan sebuah teknik dalam melakukan penyaringan data yang bertujuan untuk mengambil data dengan jenis tertentu. Filter data juga dapat digunakan dalam menyeleksi data agar menghilangkan data yang tidak valid seperti missing value atau NA/NaN (nilai data hilang).

Dalam bahasa pemrograman R yang dikhususkan untuk melakukan analisis data, teknik filter data sangatlah sering digunakan karena tidak semua data yang diterima oleh seorang Data Analyst merupakan Data yang lengkap dan bersih.

Koneksi Ke Database

Koneksi ke Database merupakan teknik melakukan koneksi dari Database ke dalam bahasa pemrograman ataupun sebaliknya. Dalam beberapa bahasa pemrograman teknik ini sangat sering digunakan karena penggunaan database yang cukup masif digunakan sebagai perangkat untuk menyimpan data.

Bahasa pemrograman R dikhususkan untuk Data Analisis, hal yang berkaitan dengan Data Analisis juga akan saling berhubungan dengan pengambilan data dari sumber penyimpanan data yaitu Database. maka dari itu, dalam praktikum ini kita akan mempelajari teknik dalam melakukan koneksi ke database.

Dataset

Download Dataset

Modul

Download Modul 2

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.