GDSC Indonesia Summit 2022

GDSC Indonesia Summit 2022 merupakan event yang diadakan oleh Google Indonesia. Event ini diadakan secara offline di kantor Google Indonesia di gedung Pacific Century Place, Jakarta serta di JS Luwansa Hotel, Jakarta dan dihadiri oleh 73 ketua dari komunitas GDSC yang tersebar di 73 Universitas di Indonesia melalui undangan email yang dikirimkan oleh pihak Google Developer Student Club Indonesia. Acara ini sepenuhnya dibiayai dan disponsori oleh Google Indonesia termasuk Hotel, Makan serta akomodasi transportasi pulang pergi (Tiket pesawat, Tiket Kereta, Taksi, Dsb).

Adapun acaranya berlangsung selama 3 hari 2 malam, dimulai pada hari Jumat siang dan berkumpul di JS Luwansa hotel untuk melakukan registrasi/check in untuk pembagian kamar dan mendapat satu paket swags/merchandise (topi, sticker, dll) serta melakukan persiapan sebelum pergi ke kantor Google Indonesia di Pacific Century Place. Selama di kantor Google Indonesia, para peserta mengikuti sesi Welcome & Kick Off yang diberikan oleh pihak Managing Director Google Indonesia, Bapak Randy Jusuf, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ibu Yuana Rochma Astuti (Baparekraf) dan sesi Talk Show serta tanya jawab dengan mas Diky Muljana & mas Emanuel Ryan, pegawai Google Indonesia.

Setelah melakukan sesi tersebut, acara di lanjutkan dengan sesi office tour kantor Google Indonesia dimana para peserta diantar ke berbagai ruang santai & ruang kerja Google Indonesia, serta diperbolehkan untuk berfoto di ruangan kantor Google Indonesia. Setelah selesai melakukan office tour, peserta melakukan makan malam bersama dan diskusi santai dengan para peserta lainnya atau dengan anggota Google Developer yang hadir ditempat. Setelah itu para peserta diantar ke JS Luwansa hotel untuk menginap dan beristirahat di hotel untuk mengikuti acara keesokan harinya.

Keesokan paginya atau di hari Sabtu pagi para peserta bersiap untuk mengikuti acara selanjutnya dan diarahkan untuk berkumpul di Auditorium hotel JS Luwansa. Acara pagi dimulai dengan sesi materi ‘GDSC structure and a year ahead’ yang di presentasikan oleh oleh Google Community Manager region Indonesia & Brunei, Danang Juffry. Acara dilanjutkan dengan bermain game membangun menara dengan spaghetti dan marshmallow yang dapat dimaknai sebagai filosofi dalam membangun sebuah komunitas GDSC kedepannya. Pada game ini tim penulis berhasil meraih kemenangan karena berhasil mendirikan menara tertinggi diantara peserta lainnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi materi ‘Future ready for the tech industry’ yang dipresentasikan oleh Google SEA Regional Lead, Janise Tan. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari GDSC Lead sebelumnya terkait membangun komuitas dan membuat komunitas tersebut sukse di kampus. Acara dilanjutkan dengan sesi Unconference discussions atau sesi diskusi dimana sesi ini adalah sesi untuk memilih sesi mana yang ingin diikuti, dan berpartisipasi secara aktif di dalamnya. peserta akan menjalankan acara dengan berpartisipasi dalam pengumpulan ide, diskusi, sesi masukan, atau format serupa lainnya yang memerlukan masukan dari setiap peserta.

Lalu acara dilanjutkan dengan peserta yang diperbolehkan memakan snack yang telah disediakan oleh Google. Setelah itu acara dibawakan oleh Google Technical Project Manager, Kak Febria Rosita yang mempresentasikan terkait materi ‘Intro to Google Product’. Setelah itu acara kembali di bawakan oleh Janise Tan selaku Google SEA Regional Lead yang mempresentasikan materi terkait ‘Marketing & Branding your chapter’. Acara kembali dibawakan oleh Former Lead sebelumnya dengan materi yang terkait dengan bagaimana menjalankan sebuah Study Jams serta bagaimana menjalankan sebuah event atau mengikuti event yang diselenggarakan oleh Google.

Materi selanjutnya ialah ‘Designing your community & running your first event’ yang kembali dipresentasikan oleh kak Febria Rosita selaku Technical Project Manager di Google. Acara dilanjutkan dengan sesi ‘Kickstarting your GDSC’ yaitu peserta membentuk sebuah kelompok dan di berikan sebuah situasi dalam merencanakan chapternya untuk satu tahun kedepan. Sesi ini melakukan pembuatan desain serta mendiskusikan terkait chapter untuk membuat atau membangun rencana komunitas untuk setahun kedepan. Acara diakhiri dengan pemaparan presentasi rencana komunitas selama setahun kedepan yang dipaparkan oleh setiap kelompok peserta dan setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama dan peserta dibubarkan untuk beribadah maghrib.

Selepas maghrib peserta kembali berkumpul di Pool hotel JS Luwansa untuk menghadiri acara terakhir yaitu penyampaian pesan & kesan, ucapan terima kasih, kejutan ulang tahun, pemberian hadiah kepada para pemenang game yang sebelumnya dilakukan. Dalam hal ini tim penulis berhasil memenangkan dan mendapatkan hadiah merchandise/swag yang diberikan langsung oleh Google Community Manager region Indonesia & Brunei, mas Danang Juffry. Acara diakhiri dengan foto bersama, makan malam, serta diskusi santai dengan former GDSC lead, peserta ataupun dengan Google Developer lainnya.

Keesokan paginya peserta dapat langsung mengambil sarapan di lobi hotel sebelum melakukan check out hotel. Sebelum bergegas pulang, penulis sarapan dengan peserta lain sembari berbicara santai dan berbagi pengalaman dengan peserta lain. Setelah itu penulis melakukan packing barang dan melakukan check out hotel.

Acara GDSC Indonesia Summit 2022 ini cukup berkesan bagi penulis karena pengalaman yang diberikan sangatlah berguna bagi penulis untuk kedepannya. Selain itu dengan mengikuti acara ini penulis juga dapat memperluas jaringan dan dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan penulis. Acara ini juga dapat meningkatkan motivasi penulis untuk terus berkontribusi dalam komunitas Developer di Indonesia terutama komunitas Google Developer.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.