International Women Day 2023

What is International Women’s Day (IWD)?

The definition of to dare is to have the courage to try something new; to defy or challenge norms; to be brave and willing to take risks.

International Women’s Day (IWD) is a global celebration of women’s achievements and progress toward gender equality. Women Techmakers Jakarta and Depok are proud to collaborate and join this global movement and celebrate IWD 2023 with our own event “Dare To Share”. This event will feature talks by successful women in technology, as well as conference and panel discussions.

International Women’s Day 2023: Dare To Share

Pada tanggal 1 April 2023, Women Tech Maker (WTM) Jakarta, Women Tech Maker (WTM) Depok, Women Tech Maker (WTM) Cloud Jakarta, Google Developer Group (GDG) Jakarta, Google Developer Group (GDG) Depok, dan Google Developer Group (GDG) Cloud Jakarta menyelenggarakan acara dalam rangka merayakan International Women’s Day. Acara ini dilaksanakan di Google Indonesia, SCBD, Pacific Century Place Tower, Jakarta. Dalam acara ini, terdapat dua jalur path yang terdiri dari Android & Web serta Cloud & Machine Learning.

Me Photo by Azhar Rizki Zulma on Instagram

Acara dimulai dengan open registration pada pukul 12:00 siang. Setelah itu, acara dibuka dengan keynote dari Google SEA Regional Lead, Janise Tan, dan Google Community Manager region Indonesia & Brunei, Danang Juffry pada pukul 1:00 siang.

Pada jalur path Android & Web, terdapat dua tech talk mengenai Android yang disampaikan oleh Meytha Zennis, Software Engineer Lead - Android - Tokopedia, dengan materi “Get to know Android Camera API” dan Cendekia Luthfieta. Selain itu, terdapat Women Inspired Talk yang dihadiri oleh panelist Christa Lorenzia, VP at Alpha JWC Ventures, dan Alka Gupta, Founder & Director of BukuWarung. Di akhir sesi, terdapat waktu untuk Q&A dengan Meytha Zennis, Cendekia Luthfieta, dan panelist Women Inspired Talk. Setelah break, sesi dilanjutkan dengan dua tech talk mengenai Web, yaitu Annisa Nuri N dengan materi “Exploring the Power of Google Maps Platform API for Website” dan Eka Jayani A dengan materi “So you want to use shiny new web platform features?”. Sesi ini juga diakhiri dengan waktu untuk Q&A dengan Annisa Nuri N dan Eka Jayani A, serta closing & sesi networking.

Pada jalur path Cloud & Machine Learning, terdapat dua tech talk mengenai Machine Learning yang disampaikan oleh Mega Fransiska, AI engineer at Datasaur.ai, dengan materi “Machine Learning for Everyone” dan Firebase yang disampaikan oleh Viranita Julianti, QA Engineer at Brick, dengan materi “Get started with Firebase Hosting”. Selain itu, juga terdapat Women Inspired Talk yang dihadiri oleh panelist Christa Lorenzia, VP at Alpha JWC Ventures, dan Alka Gupta, Founder & Director of BukuWarung. Di akhir sesi, terdapat waktu untuk Q&A dengan Mega Fransiska, Viranita Julianti, dan panelist Women Inspired Talk. Setelah break, sesi dilanjutkan dengan dua tech talk mengenai Cloud, yaitu Devina Ekawati dengan materi “ML model deployment and serving in GCP” dan Wahyuni Puji dengan materi “Playing Blocks with Google Cloud: How Terraform Helps Build and Organize Digital Legos”. Sesi ini juga diakhiri dengan waktu untuk Q&A dengan Devina Ekawati dan Wahyuni Puji, serta closing & sesi networking.

Event International Women’s Day 2023 yang diselenggarakan oleh Women Tech Maker (WTM) Jakarta, Women Tech Maker (WTM) Depok & Women Tech Maker (WTM) Cloud Jakarta serta Google Developer Group (GDG) Jakarta, Google Developer Group (GDG) Depok, dan Google Developer Group (GDG) Cloud Jakarta ini merupakan salah satu event yang dapat menjembatani antara para perempuan dalam menyebarkan informasi dan mengembangkan keterampilan teknologi. Dengan adanya event ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemberdayaan perempuan di bidang teknologi agar dapat berkontribusi dalam menciptakan kesejahteraan dan kemajuan di masyarakat.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.