KGH 24 Lapangan 4 MPA Aranyacala

Lapangan aplikasi merupakan kegiatan lapangan terakhir pada kursus Gunung Hutan ini. Lapangan ini mengimplementasikan semua yang telah diajarkan pada kelas dan kursus Gunung Hutan.

Lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 13-17 Agustus 2023 di Gunung Halimun Selatan. Jarak yang ditempuh cukup panjang berkisar sekitar 100 km berjalan kaki dari Rumah Mang Oding (Juru Kunci Gunung Halimun) di desa Cirasamala hingga di pantai cikakak, pelabuhan ratu.

Perjalanan dimulai dengan melakukan implementasi materi Navigasi Darat. pada hari kedua mengimplementasikan survival dengan memakan makanan survival dan juga melakukan navigasi darat tetapi sore harinya terkendala hujan badai dan terdapat 3 orang yang cedera akibat medan gunung halimun yang terjal ketika turun, alhasil kami mengakhiri survival pada pukul 19.00 WIB.

Kami sampai di daerah persawahan di kaki gunung batu pada tengah malam, medannya sangat kurang cocok dilalui karena berbatu dan tidak family friendly bagi sepatu, alhasil beberapa sepatu teman penulis bahkan ada yang jebol dan rusak parah akibat melewati jalur persawahan berbatu yang dibuat oleh warga. Pada hari keempat dini hari kami berhasil mencapai Rumah bu Jumanta di Desa Sirnarasa dan kami beristirahat sejenak untuk menghilangkan letih dan lelah.

Pagi harinya kami bersiap-siap untuk melakukan longmarch dari Desa Sirnarasa hingga ke pantai Cikakak. Menjelang malam kami sampai pada titik checkpoint dan selanjutnya kami mengikuti ujian yang diadakan oleh instruktur untuk menentukan kelulusan kami sebagai Mountainer. Ujian yang dilakukan didasarkan pada materi yang telah diajarkan sebelumnya yaitu Navigasi Darat, Kondisi Medan Tertentu, Survival, E-SAR dan Gunung Es.

Pemandangan malam hari ketika longmarch menuju pantai cikakak cukup indah dan memanjakan mata karena terdapat lampu-lampu yang menerangi ujung selatan pulau jawa ini jika dilihat sepanjang jalan menuju pantai cikakak. Seakan-akan rasa lelah kami terbayarkan oleh keindahan malam langit di selatan pulau jawa ini. Dan sesampainya di pantai Cikakak kami bersiap siap melakukan upacara sebelum pelantikan.

Baktiku, Akhir - Akhirnya

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.