Pembukaan Pendidikan Dasar 39 MPA Aranyacala

Upacara Pembukaan Pendidikan Dasar 39 Mahasiswa Pecinta Alam Aranyacala digelar pada tanggal 10 Maret 2023 dihadiri oleh perwakilan BAMA Universitas Trisakti serta Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan. Acara ini bertujuan untuk membuka kegiatan Pendidikan Dasar sebagai salah satu tahap kaderisasi anggota sebelum menjadi anggota resmi Mahasiswa Pecinta Alam Aranyacala.

Dalam Pendidikan Dasar ini, para mahasiswa akan diajarkan berbagai keterampilan dan keahlian sebagai seorang petualang dan pecinta alam agar dapat digunakan sebagai dasar sebelum melakukan eksplorasi, ekspedisi, operasi, dan berpetualang di alam. Pentingnya mendapatkan pengetahuan dasar adalah untuk meminimalisir risiko yang terjadi dalam berkegiatan di alam bebas nantinya.

Upacara diisi dengan sambutan dan amanat dari Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan yang memberikan motivasi dan semangat kepada para mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Dasar ini dengan sungguh-sungguh. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan pembacaan doa.

Pendidikan Dasar 39 nantinya akan diisi dengan sesi pembelajaran yang dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman di bidang petualangan dan kegiatan alam bebas. Para mahasiswa diajarkan berbagai keterampilan seperti latihan fisik, teknik memasak di alam bebas, teknik membaca peta atau melakukan navigasi di alam bebas, teknik survival, pengetahuan dasar tentang cuaca, dan cara mendirikan tenda di alam bebas.

Selain itu, juga diberikan materi tentang keselamatan saat berpetualang, etika petualangan, dan tata cara membuang sampah agar tetap menjaga kebersihan alam. Para mahasiswa juga diajarkan tentang teknik fotografi alam agar bisa membagikan pengalaman mereka dengan dunia melalui foto-foto yang indah.

Di akhir Pendidikan Dasar, para mahasiswa diwajibkan untuk m=berkegiatan di lapangan langsung untuk menguji, mengaplikasikan dan mengetes hasil pengetahuan yang telah mereka pelajari selama Pendidikan Dasar berlangsung. Diharapkan, setelah mengikuti Pendidikan Dasar ini, para mahasiswa akan lebih siap dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di alam bebas dan menjadi pribadi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.