DroidJam merupakan event yang diselenggarakan oleh Google Developer Group (GDG) dan Google Developer Student Club (GDSC) yang bertujuan untuk memperkenalkan teknologi android khususnya teknologi Android yang dikembangkan oleh Google. Pembicara dari event ini adalah para developer yang sudah berpengalaman dalam pengembangan aplikasi android diantaranyayang cukup terkenal ialah Budi Oktaviyan, Technical Lead Grab Indonesia, Muh Ishfani Ghiath Software Engineer Tokopedia, Rendra Toro, Technology Consultant Indosat Oredoo Hutchison, dan masih banyak lagi.

Acara berlangsung dari pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore, para peserta juga diberikan merchendise/swags sebagai kenang-kenangan serta snack dan makan siang oleh panitia. Acara ini juga dihadiri oleh para developer dari seluruh kota di Indonesia terutama developer di pulau jawa khususnya disekitar jabodetabek. Materi yang dipaparkan juga cukup terbilang materi yang sangat up to date dan sangat bermanfaat bagi para developer yang hadir. Acara ini memang dikhususkan untuk developer android, namun tidak menutup kemungkinan bagi para developer yang ingin belajar android juga bisa mengikuti acara ini.

Penulis sendiri sangat tertarik dengan materi teknologi android baru yang dipresentasikan, terutama pada bidang Jetpack Compose. Jetpack Compose sendiri merupakan library atau tools untuk mempermudah para developer membangun UI di Android tanpa membuat dari 0 menggunakan xml. Jetpack Compose ini juga memungkinkan developer untuk membuat UI dengan bahasa kotlin yang sudah dikenal oleh para developer android. Materi ini sangat bermanfaat bagi para developer android yang ingin membangun UI dengan bahasa kotlin.

Materi lainnya yang sangat menarik ialah Geofencing untuk meningkatkan kampanye digital yang dibawakan oleh kak Veronica Putri Anggraini, Software Developer Android di LINE Indonesia. Dengan begitu banyak materi bermanfaat tentang pengembangan android, menurut penulis acara ini cukup worth it bagi para developer android yang ingin memperdalam ilmu tentang android ataupun mengetahui teknologi android terbaru yang cukup relevan di era perkembangan teknologi saat ini.

Written by

Azhar Rizki Zulma

I'm a Information System, Independent Developer, Publisher, Mountainer, Nature Lovers, Musician, Producer, and Blogger.